Minggu, 20 Mei 2012

FIQIH

Tanya :
           bolehkah wanita yang haid masuk masjid ?
Jawab:
          boleh dengan dua alasan                                                                                                                      1) tidak adanya larangan bagi wanita yg haid untuk masuk masjid. dan tidak ada satupun hadist yang shohih tentang pelarangan wanita yang haid untuk masuk masjid.
2) dalam shohih Bukhari dari sahabat Jabir bin Abdullah Al Anshori, Dia berkata Aisyah kedatangan haid dan Rasulullah ketika itu berada di sebuah daerah dekat kota Makkah yang bernama safr. Setelah keembali dari safr beliau menemui Aisyah yang sedang meenangis, kemudian beliau bertanya kepadanya مالك ؟ انفست قال ذالك امر كتبه الله على بنات ادم فصنعى ما يصنع الحاج غير ان لا تطوفي و لا تصلي
"Apa yang membuat engkau menangis ?
"Apakah kamu kedatangan haid ?

Haid adalah merupakan ketentuan Allah yang harus terjadi pd wanita, maka kerjakanlah semua yang dikerjaakaan oleh wanita yang melakukan haaji, hanya saja jangan engkaau tawaf dan sholat."

Dengan demikian maka hadist diatas menunjukan bahwa Nabi membolehkan Aisyah untuk melakukan  semua yang boleh dilakukan oleh wanita/orang yamg melakukan haji termasuk didalamnya masuk masjidil haram, membaca al qur'an, sholat dan tawaf serta banyak lagi dari dzikir dan amal yang lainnya. Hanya saja Rasulullah melarang Aissyah dari tawaf dan sholat, maka secara tdk lansung terkaandung makna bahwa perkaara yang lain adalah boleh. hal ini diperkuat dengan kaidah "Mengakhirkan penjelasan dalam keadaan yang dibutuhkan adalah tidak boleh" dan pada saat itu Aisyah membutuhkan penjelasan demi kesempurnaan ibadah hajinya , namun nabi hanya mencukupkan pada penjelasan tersebut dan beliau tiddak menambah selain dari itu.

0 komentar:

Posting Komentar